Equityworld Futures – Pemerintah Singapura menawarkan suplai kemanusiaan dan mengerahkan personel khusus untuk membantu pemulihan pasca gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Bantuan kemanusiaan itu akan diterbangkan langsung oleh dua pesawat Hercules milik Angkatan Udara Singapura.

Seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (2/10/2018), dua pesawat C-130 milik Angkatan Udara Singapura akan mengantarkan suplai kemanusiaan dan berbagai perlengkapan seperti tenda, makanan siap saji dan suplai medis.

Kementerian Luar Negeri Singapura (MFA) mengatakan dalam pernyataannya, dua pesawat militer Singapura itu akan membantu Indonesia dalam upaya pemulihan pascabencana, termasuk dalam upaya evakuasi korban dari area-area terdampak.

Secara terpisah, Pasukan Pertahanan Sipil Singapura (SCDF) mengerahkan dua personelnya untuk berpartisipasi dalam misi 10 hari di Sulteng. Mereka menjadi bagian dari ASEAN Emergency Response and Assessment Team.
Misi ini dikoordinasikan dengan ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance khusus untuk penanggulangan bencana.

Ditambahkan MFA bahwa SCDF juga akan mengirimkan tim terpisah untuk membantu operasi pencarian dan penyelamatan (SAR) juga pemulihan di lapangan.

Tidak hanya itu, pemerintah Singapura juga mendonasikan dana sebesar SG$ 137.500 (Rp 1,4 miliar) untuk memulai penggalangan dana oleh Palang Merah Singapura yang diluncurkan pada Senin (1/10) waktu setempat.

“Pemerintah Singapura akan bekerja secara saksama dengan pemerintah Indonesia dalam menyalurkan bantuan kemanusiaan dan akan dipandu oleh kebutuhan dan prioritas yang digarisbawahi oleh pemerintah Indonesia,” tegas Kementerian Luar Negeri Singapura.

Equityworld Futures

Equityworld