Jakarta – Demi mengembangkan karier, para karyawan rela menyisihkan waktu, tenaga, serta dana untuk mengikuti kursus atau melanjutkan pendidikan. Namun memaksimalkan potensi kerja bukan hanya bisa dilakukan dengan menambah ilmu saja. Ada beberapa langkah mudah dan tidak membutuhkan waktu atau uang banyak untuk mengusahakan peningkatan prestasi atau performa kerja. Cara-cara ini bahkan bisa menjadikan pekerjaan Anda lebih cepat diselesaikan. Simak empat tipsnya berikut ini:

1. Kategorikan Tugas Penting
Hal sederhana yang cukup penting dilakukan setiap harinya adalah mengkategorikan tugas. Coba klasifikasikan pekerjaan penting menjadi tiga bagian. Kemudian selesaikan tugas-tugas tersebut terlebih dahulu sebelum mengerjakan hal kecil, misalnya membalas email yang sifatnya tidak mendadak. Jika bisa kerjakan dalam waktu dua jam.

“Begitu Anda mengidentifikasi apa yang penting, Anda tidak akan merasa jika pekerjaan terlalu banyak. Membagi tugas dalam jumlah kecil juga menjadikannya lebih mudah dikerjakan,” ungkap penulis buku ‘Two Awesome Hours: Science-Based Strategies to Harness Your Best Time and Get Your Most Important Work Done’, Josh Davis, Ph.D.

2. Rekap di Akhir Rapat
Kesuksesan karier juga ditentukan oleh performa rekan-rekan Anda. Untuk itu, jangan sungkan untuk membantu mereka meraih prestasi kerja. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan waktu rapat dengan mereka. Agar lebih maksimal, coba kemukan ringkasan atau rekapitulasi di akhir pertemuan. Dengan begitu, Anda serta para rekan jadi lebih mengingat tugas atau cara penting yang akan membuat sistem kerja jadi lebih baik. Jangan lupa pula untuk mencatat intisari tersebut sehingga tidak lupa dan mudah dipertanggungjawabkan.

Baca Juga: 50 Inspirasi Batik Modern

3. Pasang Gambar Binatang Lucu
Sering kesulitan untuk berkonsentrasi saat bekerja? Coba pasang sebuah foto binatang lucu yang Anda suka di meja kerja atau sebagai latar belakang komputer. Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang mengungkapkan bila cara tersebut dapat menimbulkan emosi positif sehingga Anda lebih detail dalam memperhatikan sesuatu. Anda pun bisa melihat foto-foto kucing atau anjing menggemaskan itu sebelum menyelesaikan tugas berat.

Namun hindari memajang foto binatang yang terlalu mencuri perhatian, misalnya panda atau koala. “Orang tidak bisa berkonsentasi pada gambar yang menarik perhatian. Anda harus melihat hal-hal lucu selama istirahat,” ungkap penulis penelitian Hiroshi Nittono, Ph.D.

4. Simpan Foto di Dompet
Menyimpan foto keluarga atau pasangan tercinta di dalam dompet sering dilakukan banyak orang. Hal tersebut biasa dilakukan agar mereka bisa melihat wajah orang tersayang kapanpun dan dimanapun berada. Jika ingin sukses lebih cepat, hal itu juga patut Anda lakukan. Menurut penelitian yang dilakukan Journal of Marketing Research, menyimpan gambar orang terdekat bisa memotivasi kerja bahkan berhemat.

“Sebuah gambar memiliki kemampuan untuk memunculkan koneksi emosional yang kuat, memungkinkan konsumen untuk membayangkan tujuan pengeluaran finansial. Dengan begini, setiap membuka dompet untuk belanja sesuatu yang mahal, Anda teringat untuk berhemat,” kata Dilip Soman, Ph.D dari Universitas Toronto.