Equityworld Futures – Keputusan pemilihan pemeran pengganti Presiden Joko Widodo (Jokowi) di video pembukaan Asian Games 2018 disayangkan oleh pihak ISA atau Indonesian Stuntride Association. Sebab, panitia penyelenggara lebih memilih stuntman dari Thailand, Saddum So.

Padahal di Indonesia masih banyak freestyler yang tak kalah jago.

Pengurus ISA (Indonesian Stuntride Association) DKI Jakarta Andi Yulianto berharap, ke depan anak-anak berbakat tanah air khususnya freestyler Indonesia lebih dihargai. Karena kemampuan mereka sudah diakui beberapa negara tetangga dengan memenangkan berbagai kejuaraan sejenis.

“Rata-rata semua freestyler Indonesia kecewa akan keputusan panitia Asian Games 2018. ‘Wah kenapa nggak pakai yang dalam negeri ya’, begitu rata-rata. Yah, kalau yang ‘diimpor’ itu lebih bagus kami maklumi, lah ini kelasnya malah jauh di bawah kita. Jadi ya kecewa gitu,” papar Andi yang juga pendiri Batam Stuntrider dan Koordinator Indonesian Stuntride Association Wilayah Provinsi Kepulauan Riau kepada detikOto di Jakarta, Selasa (21/8/2018).

“Kita menghargai ini (video pembukaan Asian Games 2018) merupakan bentuk kreativitas yang sangat bagus. Tapi dalam pembentukan sebuah kreativitas itu kan ada bagian-bagian yang harus diperhatikan, apalagi untuk membuat video sekelas Presiden. Stuntman-nya juga diperhatikan dong? Kenapa tidak pakai dalam negeri saja, gitu. Kita juga bisa,” katanya lagi.

Namun terlepas dari itu semua, Andi dan semua freestyler Indonesia mengapresiasi dan turut bahagia atas perhelatan pembukaan Asian Games 2018.

“Harapan kami, freestyler Indonesia coba lebih dilirik lagi, lebih dihargai, dipakai. Karena kita juga mampu, jadi janganlah dulu pakai dari luar. Dari segi biaya juga lebih murah kalau itu sebagai salah satu pertimbangannya,” tutup Andi.

Sebelumnya di pembukaan Asian Games 2018 Jokowi digambarkan naik moge dan melakukan aksi ekstrem mulai dari burn-out, terbang melompati mobil, hingga teknik stoppie. Tentu, aksi tersebut tidak dilakukan Jokowi seorang diri. Ada pemeran pengganti yang disediakan.

Beberapa orang penasaran siapa freestyler di balik helm Nolan seri N104 tersebut. Setelah diketahui, ternyata ia adalah freestyler asal Thailand, Saddum So.

Equityworld Futures

Equityworld