pengangguran inggris menurun

Angka pengangguran di Inggris turun lebih dari perkiraan ekonom ke level terendah dalam enam tahun dan pertumbuhan upah naik untuk bulan kedua.

Tingkat pengangguran berdasarkan metode Organisasi Buruh Internasional turun menjadi 6% dalam tiga bulan hingga bulan Agustus dari 6,2%, Kantor Statistik Nasional mengatakan di London hari ini. Upah tumbuh 0,7% secara tahunan dalam periode, terbesar sejak kuartalan hingga April.

Sedangkan data menunjukkan penguatan berlanjut di pasar tenaga kerja, ada beberapa tanda-tanda perlambatan. Klaim pengangguran turun setidaknya sejak April 2013 pada bulan September dan peningkatan kuartalan upah terkecil di lebih dari satu tahun terakhir.

Bank of England mempertahankan suku bunga utamanya pada rekor rendah sebesar 0,5% pada pekan lalu. Sembilan anggota Kebijakan Moneter telah terpecah dalam beberapa bulan terakhir, dengan dua pejabat menyuarakan kenaikan biaya pinjaman untuk mencerminkan prospek peningkatan tekanan upah. Mayoritas telah menyebutkan risiko lanjutan untuk pemulihan sebagai alasan untuk menyimpan pengaturan kebijakan darurat.

Survei terbaru telah menunjuk melemahnya pemulihan di Inggris. Manufaktur dan pertumbuhan jasa turun pada bulan September dan Gubernur BOE Mark Carney mengatakan kemerosotan di kawasan euro dapat bertindak sebagai “hambatan” bagi Inggris

Tidak termasuk bonus, upah naik sebesar 0,9% pada kuartalan hingga bulan Agustus dari tahun sebelumnya, naik dari 0,8%.

Para ekonom telah memperkirakan bahwa tingkat pengangguran ILO akan turun menjadi 6,1% pada periode Juni-Agustus, berdasarkan rata-rata dari 29 perkiraan. Angka pengangguran turun 154.000 menjadi 1,97 juta orang, turun di bawah 2 juta untuk pertama kalinya sejak 2008. Lapangan kerja naik 46,000 ke rekor 30,8 juta.

Sumber : Bloomberg