apple vs prosesor androidDi saat ponsel Android dengan prosesor quad-core (4 inti) atau lebih sudah menjamur, Apple tetap bertahan dengan chip dua inti untuk iPhone. Keadaan itu mungkin akan bertahan hingga iPhone generasi berikutnya yang dikabarkan bakal meluncur tahun ini.

Mengutip kabar dari CNBeta, BGR melaporkan bahwa prosesor A8 pada iPhone 6 diprediksi bakal kembali mengusung skema dua inti atau dual-core.

Hanya saja, kecepatannya kini dipatok sebesar 2 GHz, jauh lebih tinggi dibandingkan chip A7 milik iPhone 5S yang berjalan di frekuensi 1,3 GHz.

Seperti sebelum-sebelumnya, rival berat Apple, Samsung, akan menangani produksi chip A8. Tetapi kali ini Samsung disebut tidak sendirian karena Apple turut meneken kontrak produksi chip dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Meski hanya mengusung jumlah core prosesor lebih sedikit, bukan berarti performa iPhone kalah dari pesaingnya. Selama ini iPhone sanggup berlari sama kencang atau bahkan melebihi ponsel Android yang sezaman.

iPhone 5S, misalnya, sanggup menekuk model-model Android high-end yang dipersenjatai prosesor quad-core.

Chip A7 pada ponsel tersebut juga memicu demam 64-bit yang membuat pabrikan seperti Samsung dan Qualcomm berlomba-lomba membuat prosesor 64-bit seperti milik iPhone 5S.

Sumber : Kompas.com