bulard prediksi fed naikan suku bunga triwulan 1 2015Federal Reserve Bank of St Louis, James Bullard memprediksi bank sentral AS akan menaikkan suku bunga mulai kuartal pertama pada tahun 2015 mendatang, saat jumlah pengangguran menurun  dan inflasi meningkat, lebih cepat dibandingkan prediksi para koleganya di bank sentral.

Ditanya tentang prediksinya untuk waktu kenaikan suku bunga pertama sejak tahun 2006, ia berkata: “Aku rasa di akhir kuartal pertama tahun depan.”

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) masih memperdebatkan tentang berapa lama lagi untuk mempertahankan suku bunga acuan mendekati nol setelah menyelesaikan program pembelian obligasi yang ditetapkan sampai akhir tahun ini. Komite tersebut tanggal 18 Juni lalu mengulang bahwa mereka memperkirakan tingkat suku bunga untuk tetap mendekati nol dalam “waktu yang cukup” setelah pembelian obligasi berakhir.

Bullard memperkirakan tingkat pengangguran mungkin jatuh di bawah 6 persen dan inflasi naik hampir 2 persen pada akhir tahun ini.

Dalam perkiraan kuartalan yang dirilis pada tanggal 18 Juni, para pejabat Fed memperkirakan suku bunga acuan akan naik 1,13 persen pada akhir tahun 2015 dan naik 2,5 persen pada tahun kemudian.

Ekonom yang disurvei oleh Bloomberg dari tanggal 6 Juni sampai tanggal  11 Juni memperkirakan kenaikan  suku bunga pada kuartal ketiga tahun depan, menjadi 0,5 persen dari kisaran saat ini di nol hingga 0,25 persen.  (knc)

Sumber: Bloomberg