gainBursa saham Amerika melemah, memangkas keuntungan bulanan, setelah saham bioteknologi memperpanjang aksi jual dan saham Apple Inc. tergelincir. Treasury turun dan dolar naik setelah data menunjukkan tanda-tanda perbaikan dalam ekonomi Amerika, sementara minyak menuju kenaikan bulanan terbaik sejak 2009.

Indeks Standard & Poor 500 turun 0,6% pada pukul 10:04 pagi di New York, memangkas gain bulanan menjadi 1,2%. Saham Apple kehilangan 1,8% untuk menyeret saham teknologi lebih rendah. Imbal hasil pada obligasi Treasury dengan tenor 10-tahun naik lima basis poin menjadi 2,0%. Indeks Bloomberg Dollar Spot naik 0,3%, setelah dolar mencapai level terlemah terhadap euro sejak 26 Februari. Minyak di New York tergelincir 0,2%.

Klaim pengangguran AS turun ke 15-tahun terendah dan pengeluaran konsumen naik pada bulan Maret, mendukung pandangan Federal Reserve bahwa perlambatan ekonomi baru-baru ini “hanya faktor sementara.” Obligasi pemerintah Jerman memperpanjang aksi jual yang meninggalkan imbal hasil di tujuh minggu tertinggi setelah investor berbalik melawan rekor biaya pinjaman yang rendah. Treasury turun untuk hari keempat dalam penurunan terpanjang sejak bulan Februari.

Saham-saham Eropa turun lebih dari 4% dari rekor pada 15 April, membuat mereka sedikit berubah dalam sebulan. Aksi jual obligasi di kawasan ini mencerminkan pertumbuhan kecemasan di kalangan investor setelah program pelonggaran kuantitatif oleh Bank Sentral Eropa menghantarkan imbal hasil ke posisi terendah yang belum pernah terjadi sebelumnya dari Jerman hingga Spanyol.

Sumber: Bloomberg