Equityworld Futures  – Ketum Forum Betawi Rempug (FBR) Luthfi Hakim punya pantun khusus untuk para anggotanya di Jakarta Barat yang mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf Amin. Lewat pantun tersebut Luthfi berpesan bahwa perbedaan politik merupakan hal biasa.

Luthfi awalnya berbicara soal fungsionaris dari sejumlah partai yang berada di internal FBR. Dia menyebut dirinya tak bisa memaksakan anggotanya memilih salah satu pasangan capres-cawapres.

“Di FBR itu ada banyak fungsionaris partai, nggak cuma satu. Kita tidak mungkin mengebiri teman-teman ya. Kita biasa berbeda dan menurut kita berbeda itu indah,” kata Luthfi saat dimintai tanggapan soal dukungan FBR Jakarta Barat kepada Jokowi-Ma’ruf Amin, Minggu (17/2/2019).

Luthfi mengklaim tidak memberikan instruksi apapun ke anggotanya terkait Pilpres 2019 ini. Setelah itu barulah Luthfi menyampaikan pantunnya.

“Nggak ada. Artinya kita ingin mengajarkan kepada masyarakat bahwa kalau pantut itu, ‘dari mana datangnya nangka, boleh jadi dari tetangga. Satu, dua sebatas angka, beda pilihan itu biasa’,” ujar sambil berpantun.

Luthfi meminta masyarakat untuk menyikapi Pilpres 2019 dengan damai. Dia menilai kedua pasangan capres-cawapres sama-sama memiliki visi-misi yang baik untuk Indonesia.

“Karena ini siklus lima tahunan kok kenapa harus baperan. Karena kedua paslon visi-misinya tidak ada yang ingin menghancurkan NKRI, kan gitu,” ucap Luthfi.

Luthfi menegaskan bahwa FBR memberikan keleluasaan kepada anggotanya untuk memilih. Dia menyebut yang terpenting yakni FBR bersatu.

“Saya harus bersikap sebagaimana suara teman-teman di bawah. Kita sih sah-sah aja, silakan mau ke mana, satu atau dua sebatas angka kok,” jelasnya.

“Dan beda pilihan itu bukan beda agama kok. Beda agama aja nggak boleh saling menghujat, saling mencaci, nggak boleh hanya saling menghina, apalagi cuma berbeda pilihan politik. Penting kalau buat FBR yang penting kita rempug. Itu sebuah kemenangan buat kita,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, FBR Jakarta Barat mendeklarasikan dukungan di Pilpres 2019 untuk pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin. Ada sekitar 50 gardu FBR se-Jakarta Barat yang hadir dalam deklarasi tersebut.

Dukungan tersebut dideklarasikan di Gardu 0367 FBR Kelabang Merah, Daan Mogot, Jakarta Barat, Minggu (17/2). Dukungan tersebut diberikan dengan melihat rekam jejak.

“Kenapa harus Jokowi lagi? Sosok Jokowi lebih Betawi dari orang Betawi itu sendiri. Di mana hal itu dapat dilihat saat dirinya masih jadi Gubernur DKI tahun 2012 lalu, yakni lima program Jokowi yang berkaitan dengan budaya Betawi untuk diterapkan dalam 5 tahun ke depan,” kata Ketua FBR Korwil Jakbar Abdul Azis Muslim dalam sambutannya.

Equityworld Futures

Equityworld