cara hp rangkul mobileHewlett-Packard (HP) akhirnya merilis kategori produk baru di Indonesia untuk segmen mobile. Bagaimana kiprah perusahaan yang besar oleh produk-produk PC dan server ini di segmen mobile?

Ditemui di sela-sela acara peluncuran HP 7 VoiceTab “Bali” di Nusa Dua, Bali, pada Kamis (19/6/2014), Todd B. Achilles, Vice President HP Mobile of Connectivity mengatakan bahwa HP berkomitmen tinggi terhadap kategori produk ini dengan menghadirkan produk yang berbeda.

Apa pembedanya? Menurut Todd, produk-produk tablet sejenis buatan vendor lain seperti Samsung dan Apple memiliki ketergantungan terhadap koneksi WiFi, karena itu HP ingin menggaet pengguna tablet yang ingin selalu terhubung, dengan menyediakan tablet dengan koneksi 3G atau 4G.

“Keduanya (Apple dan Samsung) memang memiliki lini produk yang bagus, namun kami melihat konektivitas di sini sangat dibutuhkan, maka jika yang lain menawarkan koneksi WiFi, maka produk-produk HP dilengkapi dengan koneksi 3G atau 4G, sehingga sesuai untuk konsumen yang ingin selalu terhubung,” demikian jelas Todd.

Todd juga ingin meyakinkan konsumen HP bahwa walaupun tablet merupakan kategori produk baru, namun ia ingin agar konsumen tahu produk tersebut juga memiliki standar kualitas produksi yang sama dengan produk-produk HP lainnya, seperti laptop, PC, atau printer.

Sebelumnya, HP memang sudah memiliki strategi untuk terjun ke ranah mobile dengan mengakuisisi perusahaan Palm dengan webOS-nya pada tahun 2010. Namun seiring perkembangan, sistem operasi Android ternyata berkembang lebih pesat.

Itulah mengapa HP seperti butuh waktu sedikit lebih lama dibanding brand lain untuk terjun ke pasar mobile dengan Android-nya.

“Namun sebenarnya tidak lama-lama amat, di paruh kedua tahun 2013 lalu saja kami sudah merilis setidaknya delapan tablet Android secara global,” terang Todd,

“Dan kini kita memasuki gelombang ketiga dengan produk-produk tablet yang membanjiri pasar, karena itu kami merilis Slate dan VoiceTab,” imbuhnya.

Sayangnya, Todd tidak mau berkomentar lebih jauh lagi tentang produk-produk HP yang akan dirilis di masa mendatang, termasuk smartphone.

“Kita tidak bisa berkomentar untuk produk lain di masa mendatang, namun kami menegaskan bahwa kami memiliki komitmen tinggi di segmen mobile,” kata Todd.

Tablet HP sendiri disebut oleh Ellya, Market Development Manager Consumer PC & Tablets, HP Indonesia, mendapatkan respon yang luar biasa dari konsumen Indonesia saat penjualan perdana.

HP Slate 6 dan Slate 7 yang secara diam-diam mulai dipasarkan HP pada Mei 2014 lalu melalui distributor Trikomsel tersebut diakui ludes terjual.

“Tablet kami mendapat respon yang luar biasa dari konsumen, bahkan Trikomsel sendiri tidak menyangka produknya akan habis,” terang Ellya.

Namun Ellya tidak bersedia merinci berapa jumlah tablet yang telah dijual HP melalui Trikomsel itu.

Sumber : Kompas.com