Data dan Fakta Menarik terkait Keberhasilan Portugal Menjadi Juara

Equityworld futures-Saint-Denis – Keberhasilan Portugal menjadi juara Piala Eropa 2016 menghasilkan sejumlah data dan fakta menarik. Salah satunya adalah tentang jumlah pertandingan yang mereka butuhkan untuk jadi juara.

Portugal mengalahkan Prancis, tim tuan rumah yang sebenarnya lebih diunggulkan, pada pertandingan final di Stade de France, Saint-Denis, Senin (11/7/2016) dinihari WIB. A Selecao das Quinas menang tipis 1-0 berkat gol tunggal Eder pada masa perpanjangan waktu.

Ini adalah gelar pertama Portugal di ajang Piala Eropa dan di turnamen besar.

Mereka akhirnya menjadi juara setelah melalui 35 pertandingan di arena Piala Eropa. Menurut catatan Opta, Inggris kini menjadi negara dengan jumlah pertandingan terbanyak di Piala Eropa (31) tanpa pernah sekalipun menjadi juara.

Sejak Piala Eropa pertama kali digelar pada 1960, Portugal menjadi negara kesepuluh yang menjadi juara. Mereka mengikuti jejak Jerman, Spanyol, Prancis, Uni Soviet, Italia, Cekoslovakia, Belanda, Denmark, dan Yunani.

Berikut data dan fakta lainnya terkait kemenangan Portugal:

– Portugal menjadi tim pertama dalam sejarah Piala Eropa yang tiga kali menjalani extra time di turnamen yang sama. Portugal sebelumnya juga melewati extra time di babak 16 besar (melawan Kroasia) dan perempatfinal (melawan Polandia).

– Portugal harus menunggu hingga menit ke-80 untuk melakukan shot on target pada laga melawan Prancis. Ini adalah penantian terlama bagi sebuah tim di final Piala Eropa.

– Portugal bermain selama 720 menit dalam tujuh laga di Piala Eropa 2016. Mereka berada dalam posisi unggul hanya selama 73 menit.

– Dua gol yang dicetak Portugal di extra time di Piala Eropa 2016 dicetak oleh pemain pengganti. Pada laga melawan Kroasia, gol dicetak oleh Ricardo Quaresma yang juga masuk sebagai pemain pengganti.

– Eder menjadi pemain pengganti keenam yang mencetak gol di final Piala Eropa. Dia mengikuti jejak Oliver Bierhoff, Sylvain Wiltord, David Trezeguet, Juan Mata, dan Fernando Torres.

– Eder adalah pemain Portugal pertama yang mencetak gol dari luar kotak penalti di Piala Eropa sejak Rui Costa melakukannya ke gawang Inggris pada 2004.

– Untuk pertama kalinya dalam 20.454 hari, Prancis kalah dalam sebuah pertandingan turnamen besar di tanah Prancis. Sebelum ini, terakhir kali mereka kalah adalah pada 9 Juli 1960.

 

Sumber: Detik.com