Equityworld Futures

Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) hari ini guna menentukan sikap pada Pilpres 2019.

Di mana matahari PAN akan terbit?

Sejauh ini, ada dua kutub Pilpres 2019, yaitu petahana Presiden RI Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Kejutan terjadi di kubu sang penantang, di mana Partai Demokrat yang sebelumnya menyatakan mengikat koalisi dengan Partai Gerindra, kini memberontak.

Pada Rabu (8/8/2018) kemarin, sejumlah pimpinan Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PAN menggelar rapat di Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Hasilnya, mereka tetap mendorong Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai cawapres Prabowo Subianto. Namun, jawaban Zulkifli soal arah politik PAN cukup mengejutkan.

“Kalau mau sehat, naik sepeda, ha-ha-ha…,” kata Zulkifli. Selama ini sepeda identik dengan Jokowi, yang sering bagi-bagi hadiah kendaraan roda dua itu.

Zulkifli tak menampik ada hambatan dalam koalisi Prabowo. Dia menilai pembahasan akan memerlukan waktu lebih panjang.

“Ada dinamis, perkembangan baru. Nah, oleh karena itu, menarik. Kita ikuti saja perkembangan. Hari-hari ini kelihatannya akan panjang, ya. Nggak 24 jam, mungkin 48 jam, nih,” kata Zulkifli.

Keputusan politik PAN akan diputuskan di rakernas yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta. Terbuka mekanisme voting dalam pengambilan keputusan. Lalu, di mana matahari PAN akan terbit nantinya?

Equityworld Futures

Equityworld