dolar vs yenDolar menguat dekati level tertingginya hampir 7 tahun terakhir terhadap yen dan emas melemah diikuti minyak seiring melambatnya pertumbuhan manufaktur China dan stimulus Bank of Jepang secara tak terduga menekan prospek pertumbuhan divergen untuk ekonomi AS dan Asia. Sementara Gas alam meningkat.

Indeks Spot Dollar Bloomberg naik 0,2 % pukul 14:33 siang waktu Hong Kong, menuju level yang terakhir pada bulan Juni 2010 seiring dollar AS membeli sebesar 112,66 yen, pembelian terbesarnya sejak Desember 2007 silam. Emas turun 0,3 % ke level $ 1,169.86 per ons. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) melemah 0,5 % dan gas berjangka melonjak 3,8 % pada perkiraan untuk musim dingin AS. sementara mata uang Won Korea Selatan turun 0,4 %. Indeks Standard & Poor 500 berjangka tergelincir 0,1 % dan saham Cina yang diperdagangkan di Hong Kong turun.

Sebagian besar mata uang utama yang melemah terhadap dolar hari ini setelah kepercayaan konsumen AS dan laporan manufaktur pada 31 Oktober menekan kekuatan ekonomi relatif terbesar dunia dengan prospek saham Eropa dan Asia. Indeks resmi keluaran pabrik China secara tak terduga turun pada bulan Oktober, menurut rilis data yang berakhir pekan ini, sementara indeks pribadi hari ini tidak berubah sejak bulan September. Pasar perdagangan Jepang ditutup untuk liburan setelah bank sentral Jepang mengejutkan para investor dengan meningkatkan program pelonggaran moneter yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Sumber : Bloomberg