dolar penguat jelang data manufaktur asDollar ditransaksikan mendekati level 1 tahun tertinggi terhadap euro pada spekulasi mempercepat pertumbuhan ekonomi AS akan memacu Federal Reserve menaikkan tingkat suku bunga lebih cepat dari perkiraan trader.

Mata uang AS mengalami kenaikan dari kemarin sebagian besar 16 mata uang utama jelang laporan pekan ini bahwa para ekonom mengatakan akan meningkatkan pesanan pabrik dan pengusaha mendorong perekrutan. Sementara Yen mengalami penurunan terhadap Dollar AS pasca Perdana Menteri Shinzo Abe menunjuk Yasuhisa Shiozaki untuk memimpin kementerian yang bertanggung jawab atas pembenahan dana pensiun nasional, seiring indikator teknis mengisyaratkan penurunan terlalu cepat. Dollar Selandia Baru jatuh ke level 6 bulan terendahnya.

Mata uang AS ditransaksikan ke level $ 1,3138 per euro pada pukul 7:27 waktu London dari level sebelumnya sebesar $ 1,3133 kemarin, ketika naik ke level $ 1,3110, level tertingginya sejak September 2013 lalu. Dolar sedikit berubah pada level 104,93 yen setelah menguat ke level 105,31, level tertingginya sejak 10 Januari lalu. yen naik sebesar 0,1 persen ke level 137,85 per euro.

Pesanan pabrik AS melonjak sebesar 11 persen pada bulan Juli lalu, setelah naik sebesar 1,1 persen pada bulan sebelumnya, menurut data yang disurvei oleh Bloomberg sebelum laporan Departemen Perdagangan hari ini. Sebuah laporan Departemen Tenaga Kerja pada 5 September mendatang akan menunjukkan payrolls untuk bulan ketujuh naik lebih dari 200.000 pada bulan Agustus. (knc)

Sumber : Bloomberg