dolar naik jelang rilis data n jasa asDollar menguat terhadap euro jelang rilis data Analis yang memperkirakan akan menambah bukti bahwa pertumbuhan perekonomian AS mengumpulkan laju, meningkatkan daya tarik aset Amerika dibandingkan dengan di Eropa.

Indeks Spot Dollar Bloomberg diperdagangkan dilevel tertingginya dalam lima bulan terakhir seiring tanda-tanda pemulihan perekonomian AS untuk meningkatkan imbal hasil obligasi atas mata uang lainnya untuk mengembangkan pasar perdagangan dalam empat tahun terakhir pada pekan lalu. Euro melemah tajam bulan ini akibat kekhawatiran terhadap prospek untuk pemulihan. Dolar Australia turun pasca bank sentral mempertahankan tingkat suku bunga di level terendahnya. The Ghana Cedi memangkas penurunan terburuknya tahun ini.

Dollar naik sebesar 0,3 persen ke level $ 1,3385 per euro pukul 9:39 waktu New York. Dollar mencapai level $ 1,3367 pada 30 Juli kemarin, yang merupakan level terbesarnya sejak 12 November lalu. Dollar AS menguat sebesar 0,2 persen ke level 102,72 yen. Mata uang Jepang melonjak sebesar 0,2 persen ke level 137,45 terhadap euro.

Bank of Montreal memperkirakan euro akan turun ke level $ 1,3350 menjelang ECB mengadakan pertemuan  pada 7 Agustus.

Indeks Spot Dollar Bloomberg yang melacak mata uang AS terhadap 10 mata uang utama lainnya, naik sebesar 0,3 persen ke level 1,022.71. Dollar naik ke level 1,023.42 pada 1 Agustus kemarin, yang merupakan level tertingginya sejak 20 Maret lalu. (knc)

Sumber : Bloomberg