draghi melawan ancaman deflasi

Presiden European Central Bank (ECB) Mario Draghi meluncurkan tindakan belum pernah terjadi sebelumnya langkah-langkah untuk membantu Bank Sentral Eropa menekan suku bunga ke rekor terendah pada ekonomi yang terancam oleh deflasi.

Bank Sentral Eropa (ECB) hari ini menurunkan suku bunga deposito yang menjadi minus 0,1 membuat institusi bank sentral besar pertama di dunia untuk menggunakan tingkat negatif. Dalam upaya untuk mendapatkan kredit yang mengalir ke bagian ekonomi yang membutuhkannya, ECB juga membuka 400 milyar euro ($ 542 milyar) channel likuiditas terkait dengan pinjaman dan pejabat bank yang akan mulai bekerja pada rencana pembelian aset. Sementara mengakui bahwa suku bunga pada batas bawah ‘untuk semua tujuan praktis,’ dia mengisyaratkan ECB bersedia untuk bertindak kembali.

Memburuknya prospek ekonomi dan secara berkepanjangan melambatnya inflasi telah mendorong ECB untuk bertindak untuk mempertahankan pemulihan yang rapuh di ekonomi terbesar kedua di dunia. Kebijakan moneter yang sudah longgar ECB belum mampu menguntungkan semua bagian ekonomi di zobna euro 18 negara, dan sementara imbal hasil obligasi berdaulat di negara-negara seperti Spanyol dan Italia berada pada di dekat  level terendah, pinjaman bank di wilayah ini masih menyusut.

‘Kami memutuskan pada kombinasi langkah-langkah untuk memberikan tambahan akomodasi kebijakan moneter dan untuk mendukung pinjaman,’ Unkap Draghi.(yds)

Sumber: Bloomberg