emas kenaikan mingguan sejak april

Emas naik ke level tertingginya dalam dua pekan terakhir, ditetapkan untuk kenaikan mingguan beruntun pertama sejak April lalu, karena kekhawatiran bahwa pemulihan AS mungkin melambat dan kekerasan di Irak akan meningkatkan permintaan terhadap safe haven.

Emas untuk pengiriman segera naik sebanyak 0,2 persen ke level $1,275.65 per ons, level tertinggi sejak 27 Mei lalu, sebelum ditransaksikan di level $1,273.34 pukul 10:25 di Singapura, menurut harga generik dari Bloomberg. Logam ini naik sebesar 1,6 persen pekan ini pasca melonjak sebesar 0,3 persen pada pekan sebelumnya.

Bullion telah meningkat sebesar 6 persen tahun ini sebagian karena meningkatnya ketegangan antara Ukraina dan Rusia memicu permintaan untuk safe haven. Emas naik sebesar 1 persen kemarin, terbesar sejak 2 Mei lalu seiring kerusuhan di Irak mengirim harga minyak ke level tertingginya dalam delapan bulan terakhir dan mengirim saham jatuh. Data AS kemarin menunjukkan penjualan ritel naik kurang dari perkiraan sementara klaim pengangguran melampaui estimasi.

Emas untuk pengiriman Agustus ditransaksikan pada level $1,273.50 per ons di Comex New York dari level $1.274 kemarin. (izr)

Sumber: Bloomberg