emas bertahan 1300 londonEmas masih bertahan di bawah US$ 1.300 per ons karena para investor menimbang prospek stimulus moneter AS terhadap kekacauan yang terjadi di Ukraina. Aset ETP yang berbasis platinum dan paladium naik ke rekor.

Emas turun 28 persen tahun lalu karena ekspektasi Federal Reserve yang akan mengurangi pembelian obligasi setelah ekonomi AS membaik. Harga emas rebound 7,6 persen tahun ini sebagian akibat ketegangan antara Ukraina dan Rusia.

Emas untuk pengiriman segera naik 86 sen, atau kurang dari 0,1 persen ke level US$ 1,293.47 per ons pada 11:02 siang di London, menurut Bloomberg generic pricing. Harga emas turun 0,1 persen pada 23 Mei setelah data penjualan rumah baru di AS mengalami peningkatan terbesar sejak Oktober.

Emas berjangka untuk pengiriman Agustus naik 0,1 persen menjadi US$ 1.293 per ons di Comex New York. Investor memotong posisi net-long mereka di emas dalam minggu kedua untuk 90.358 kontrak di pekan yang berakhir pada 20 Mei, menurut data dari Commodity Futures Trading Commission AS.

Kazakhstan , Turki dan Belarus memperluas cadangan emas mereka pada bulan April setelah Mexico memotong kepemilikannya, menurut data dari situs Dana Moneter Internasional (IMF).(frk)

Sumber : Bloomberg