emas tertinggi terkair risalah the fedEmas mendekati level tertingginya dalam sepekan terakhir karena pemelemahan dolar pasca Federal Reserve AS merilis risalah dari pertemuan terakhir dan meningkatnya ketegangan di Timur Tengah, meningkatkan permintaan untuk aset safe haven. Palladium naik ke level tertingginya dalam 13 tahun terakhir.

Bullion untuk pengiriman segera naik sebanyak 0,3 persen ke level $1,331.46 per ons, dan ditransaksikan di level $1,328.69 pukul 12:40 di Singapura, menurut harga generic dari Bloomberg. Emas kemarin naik ke level $1,332.20, tertinggi sejak 1 Juli lalu karena indeks  Bloomberg Dollar Spot anjlok tajam sejak 30 Juni lalu.

Risalah pertemuan Juni menunjukkan beberapa pejabat bank sentral menyatakan investor khawatir tentang prospek ekonomi. Risalah pertemuan kemarin tidak memberikan petunjuk baru terkait waktu kenaikan suku bunga bahkan seiring pihak otoritas setuju pembelian obligasi akan berakhir pada bulan Oktober mendatang. Emas naik sebesar 11 persen tahun ini di tengah ketegangan geopolitik di seluruh dunia, pemulihan ekonomi AS tidak rata dan melambatnya kecepatan penjualan emas ETF produk reksadana yang unit penyertaannya ditransaksikan dibursa terbesar didunia.

Israel memulai serangan militer di Jalur Gaza pekan ini dengan menyatakan tujuannya adalah untuk menghentikan serangan roket Palestina, seiring gejolak di Ukraina dan Irak berkurang. Ukraina melakukan penahanan terhadap pilot Rusia yang merupakan perwira tentara adalah bukti penghubung antara “teroris di Ukraina dan pemerintah Rusia,” kata seorang pejabat keamanan Ukraina.

Emas untuk pengiriman Agustus naik sebesar 0,4 persen ke level $1,329.40 per ons di Comex. Kepemilikan emas ETF di SPDR Gold Trust tidak berubah di level 800,28 metrik ton kemarin pasca menghapus aset penurunan tahun ini pada tanggal 8 Juli lalu.  (izr)

Sumber: Bloomberg