emas naik terkait spekulasi indiaEmas naik untuk pertama kalinya dalam tiga hari terakhir di London terkait spekulasi pemerintah India yang baru akan mengendurkan pembatasan impor logam.

Pemimpin India yang terpilih Narendra Modi mengatakan kepada ribuan pendukungnya selama akhir pekan lalu bahwa ia istirahat dari pemerintah masa lalu pasca memenangkan mandat pemilu nasional terbesar dalam 30 tahun terakhir. Menteri keuangan India yang baru akan memutuskan pelonggaran pembatasan impor emas, Gubernur Reserve Bank of India Raghuram Rajan mengatakan pekan lalu. China menyalip India tahun lalu sebagai pembeli emas terbesar di dunia.

“India terlihat positif,” Bernard Sin, kepala perdagangan mata uang dan logam di MKS (Swiss) SA, kilang minyak yang berbasis di Jenewa, mengatakan melalui e -mail hari ini. “Mungkin ada tanda-tanda pelonggaran pembatasan.”

Emas untuk pengiriman segera naik sebesar 0,5 persen ke level $1,300.40 per ons pukul 9:34 pagi di London.

Bank Sentral Eropa (ECB) dan 20 bank sentral Eropa mengumumkan perjanjian emas bank sentral keempat. “Para penandatangan mencatat bahwa, saat ini, mereka tidak memiliki rencana untuk menjual emas dalam jumlah besar,” sesuai dengan kesepakatan yang diumumkan oleh ECB. “Emas tetap menjadi unsur penting dari cadangan moneter global.”

Sumber : Bloomberg