13 jan web1Emas memperpanjang kenaikan ke level dalam hampir 12 pekan terakhir akibat para investor mengkaji penguatan perekonomian AS ditengah penurunan harga minyak mentah dan dampak waktu kenaikan suku bunga AS. Sementara perak naik ke level 1 bulan tertingginya.

Bullion untuk pengiriman segera naik sebesar 0.5% ke level $1,239.34 per ounce, level harga tertinggi sejak 23 Oktober dan berada pada level $1,237.09 pukul 12:07 siang ini waktu Singapura, menurut harga dari Bloomberg. Emas diperdagangkan naik pada hari ke-3 setelah rilis data pekan lalu menunjukkan pendapatan yang turun di AS meskipun perekrutan tenaga kerja meningkat.

Presiden Federal Reserve Bank of San Francisco John Williams menyatakan bahwa menaikkan suku bunga Juni mendatang akan memberikan dampak negatif ditengah Å“momentum kenaikan pada pasar tenaga kerja dan spekulasi kenaikan upah. Presiden The Fed Atlanta Dennis Lockhart, menyatakan bahwa kenaikan suku bunga pada pertengahan 2015 mendatang diperkirakan akan dilakukan. (bgs)

Sumber : Bloomberg