emas rebound impor india naikEmas rally dari level delapan bulan terendahnya, menghentikan penurunan selama tiga hari terakhir, karena spekulasi bahwa penurunan harga emas dapat memacu pembelian jelang pertemuan kebijakan Federal Reserve selama dua hari.

Bullion untuk pengiriman segera naik sebanyak sebesar 0,4 persen menjadi $1,235.07 per ons dan ditransaksikan pada level $1,232.80 pukul 02:02 siang di Singapura, menurut harga generik Bloomberg. Logam sebelumnya turun ke level $1,225.67, terendah sejak 9 Januari lalu. RSI 14-hari tertahan di bawah level 30 untuk hari ketiga hari ini, menandakan bahwa harga mungkin akan bersiap untuk rebound.

Emas menuju kerugian kuartalan pertamanya tahun ini karena Indeks Spot Dollar Bloomberg naik ke level 4,7 persen sejak akhir Juni. Logam mulia menghentikan reli dalam 12 tahun terakhir pada tahun 2013 lalu terkait ekspektasi Federal Reserve yang akan mengurangi pembelian aset bulanannya, yang telah dilakukan sebanyak enam kali. The Fed memulai pertemuan kebijakan selama dua hari kedepan besok pasca rilis data pada 13 September kemarin menunjukkan penjualan ritel naik tajam pada bulan Agustus lalu dalam empat bulan terakhir.

Pada jumat lalu rilis data tingkat produksi industri China meningkat di laju terlemah sejak krisis keuangan global, menambah kekhawatiran bahwa permintaan bullion dapat melemah di negara konsumen emas terbesar karena hilangnya momentum perekonomian negara tersebut. Volume perdagangan untuk spot kontrak acuan di Shanghai turun ke level terendah dalam satu pekan terakhir pada 12 September lalu. Di India, konsumen emas terbesar kedua, impor emas dapat turun di bawah 350 metrik ton pada semester kedua tahun ini seiring terus berkurangnya permintaan, menurut Edelweiss Jasa keuangan Ltd. (izr)

Sumber: Bloomberg