emas tertekanEmas turun ke level terendah tiga bulan di London setelah investor menilai outlook membaiknya ekonomi AS. Platinum mencapai level terendah dalam tujuh bulan dan perak turun ke level terendah sejak bulan Juni.

Prospek suku bunga pinjaman yang lebih tinggi di AS dan pengumuman stimulus dari Bank Sentral Eropa (ECB) membantu Indeks Bloomberg Dollar Spot mencapai level tertinggi 14 bulan kemarin. Data minggu ini diprediksi akan menunjukkan peningkatan penjualan ritel AS. The Fed akan melakukan pertemuan pada 16-17 September mendatang.

Emas menuju kerugian kuartalan pertama tahun ini setelah meredanya ketegangan di Ukraina dan Timur Tengah yang memangkas permintaan logam sebagai safe haven. Negara-negara Uni Eropa sedang berjuang untuk menyepakati perluasan sanksi terhadap Rusia atas pelanggaran perbatasan di Ukraina, pasca gencatan senjata dan penarikan pasukan yang mendorong untuk penundaan sanksi. Penurunan Bullion membawanya menuju level yang menyarankan untuk beberapa trader yang mempelajari grafik bahwa harga akan naik.

Emas untuk pengiriman segera turun 0,1% menjadi $ 1,248.05 per ons pada pukul 9:36 pagi di London, menurut Bloomberg generic pricing. Emas sempat turun ke level $ 1,243.95 kemarin, yang merupakan level terendah sejak 5 Juni. Emas untuk pengiriman Desember naik 0,2% menjadi $ 1,248.40 di bursa Comex New York.(frk)

Sumber : Bloomberg