emas turun ekuitas asEmas turun di London, mengirimkan logam untuk menghapus gain tahun ini karena prospek suku bunga AS yang lebih tinggi di tengah meningkatkan peredaman ekonomi dalam permintaan terhadap logam. Sementara platinum turun ke level terendah dalam lima tahun terakhir.

Emas turun sebesar 0,8 persen pekan ini, memangkas sebesar 2.014 sehingga meningkat sebesar 0,6 persen. Indeks Bloomberg Dollar Spot, mencapai level tertinggi dalam empat tahun terakhir pada pekan ini, emas naik sebelum laporan AS yang menyatakan bahwa para ekonom mengatakan akan menunjukkan para pengusaha untuk menambahkan pekerja dalam tiga bulan ini. Meningkatnya data pekerja AS telah menambah spekulasi bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga tahun depan.

Sementara percepatan ekonomi AS berarti investor menghindari logam bahkan pasca AS meningkatkan sanksi terhadap Rusia dan meningkatkan kampanye melawan Negara Islam. Naiknya suku bunga mengurangi daya tarik emas karena logam umumnya hanya menawarkan investor kembali melalui kenaikan harga, sementara dolar yang lebih kuat biasanya akan memangkas permintaan dalam penyimpan nilai.

Emas untuk pengiriman segera turun sebesar 0,5 persen ke level $ 1,208.66 per ounce pukul 9:20 pagi di London, menurut harga Bloomberg. Emas mencapai level $ 1,204.57 pada 30 September, merupakan level terendahnya sejak 2 Januari lalu. Emas untuk pengiriman Desember turun sebesar 0,5 persen ke leve $ 1,208.80 di Comex New York. (vck)

Sumber: Bloomberg