emas tertinggi pasca menguat dolarEmas jatuh untuk hari kedua di London dikarenakan penguatan dolar yang memangkas permintaan dan spekulasi bahwa harga mendekati level tertingginya dalam hampir empat pekan terakhir yang akan mengurangi pembelian fisik.

Indeks Spot Dollar Bloomberg stagnan mendekati level tertingginya dalam sepeka terakhir pasca kemarin Departemen Ekonomi Jerman memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi untuk tahun ini dan di tahun depan serta menjelang rilis Beige Book The Fed terakit kondisi ekonomi. Volume perdangan di Shanghai Gold Exchange sekitar 33% lebih rendah dibanding pada akhir September lalu, data terbaru menunjukkan.

Emas turun ke level terendah tahun ini dari level $ 1,183.24 per ons di London pada 6 Oktober karena tanda-tanda perbaikan ekonomi AS mendorong biaya pinjaman yang lebih tinggi, serta mengurangi daya tarik logam karena umumnya hanya menawarkan investor kembali melalui pada kenaikan harga. Komoditas kemudian rebound dikarenakan para otoritas AS menunjukkan perlambatan ekonomi di seluruh dunia dapat menunda AS untuk menaikan suku bunga.

Emas untuk pengiriman segera turun 0,7% menjadi $ 1,223.72 per ons pada 9:18 pagi di London. Menyentuh level $ 1,238.30 kemarin, ini merupakan level tertinggi sejak 17 September lalu. Emas untuk pengiriman Desember turun 0,8% ke level $ 1,223.90 di New York Comex.

Sumber: Bloomberg