emas menguat level 4 bulan tertinggi

Emas turun karena beberapa investor menganggap kenaikan ke level empat bulan tertingginya sudah terlalu tinggi dan para investor menunggu petunjuk dari pihak otoritas bank sentral AS yang mungkin memulai menaikan tingkat suku bunga acuannya. Perak menurun.

Bullion naik sebesar 1,3 persen pekan lalu, mencatat kenaikan mingguan terpanjang sejak 2011 lalu, sebagian dipicu oleh gagalnya pembayaran utang jangka pendek oleh induk perusahaan bank kreditur kedua terbesar di Portugal, memperpanjang kekhawatiran bahwa Eropa belum keluar pada masalah utang. Ketua Federal Reserve Janet Yellen Chair akan memberikan pidatonya pada Kongres pekan ini.

Emas naik sebesar 9,6 persen tahun ini, rebound dari penurunan terbesarnya dalam tiga dekade terakhir, The Fed berjanji untuk mempertahankan tingkat suku bunga ultra rendah dalam “waktu yang cukup” dan di tengah ketegangan di Timur Tengah dan Ukraina. Sementara hedge fund dan manajer keuangan lainnya menganggap fase bullish terhadap emas sudah terlalu tinggi sejak 2012, Jeffrey Currie dari Goldman Sachs Group Inc ‘s mengatakan pada jumat kemarin bahwa emas akan turun pada akhir tahun ini.

Emas untuk pengiriman Agustus turun sebesar 1,5 persen ke level $ 1,317.50 per ons pukul 7:30 pagi di Comex New York. Emas naik dalam enam pekan terakhir dan mencapai level $ 1,346.80 pada 10 Juli lalu, tertinggi sejak 19 Maret. Bullion untuk pengiriman segera. Turun sebanyak 1,6 persen kie level $ 1,317.01 di London, menurut harga generik Bloomberg. (vck)

Sumber: Bloomberg