Equity World – Jika Facebook dapat merundingkan tahun yang sulit di depan, mungkin dalam perjalanan untuk menjadi JPMorgan versi Silicon Valley. Satu dekade yang lalu, perusahaan keuangan mengambil cambukan dari politisi, sama seperti perusahaan teknologi saat ini. Sebagai acara bank Jamie Dimon, mereka yang bertahan dari proses tersebut dapat menjadi lebih kuat.

Jaringan sosial Mark Zuckerberg menghadapi dunia yang penuh penderitaan dari Washington pada 2019. Mayoritas baru Demokrat di Dewan Perwakilan AS memiliki aturan privasi yang lebih ketat dalam agendanya. Beberapa Demokrat ingin melihat model tersebut setelah undang-undang perlindungan data Eropa yang baru, yang dikenal sebagai GDPR. Saham Facebook telah jatuh, sebagian karena sorotan Washington.

Equity World : Facebook mungkin adalah JPMorgan dari dunia teknologi

Sekarang pikirkan kembali ke periode setelah krisis keuangan, ketika Kongres menyusun undang-undang Dodd-Frank yang berat yang dirancang untuk membuat bank lebih aman. JPMorgan adalah anak poster untuk perilaku buruk. Ini menghadapi reaksi baru setelah kerugian perdagangan $ 6 miliar pada tahun 2012, dan membayar $ 13 miliar setahun kemudian untuk surat berharga hipotek. Bank Dimon harus menyewa ribuan personel kepatuhan tambahan.

Namun sekarang, JPMorgan kembali di atas. Dimon adalah kepala Business Roundtable, kelompok Washington yang terdiri dari para eksekutif utama perusahaan AS terbesar. Dan kapitalisasi pasarnya sekitar $ 370 miliar hampir dua kali lebih tinggi sebelum krisis melanda. Sementara itu, bagian pemberi pinjaman komunitas dari aset perbankan komersial AS menurun pada kecepatan yang lebih cepat setelah Dodd-Frank disahkan pada tahun 2010, menurut sebuah penelitian di Harvard.

Bank memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh jaringan sosial – pemerintah membutuhkannya ada, sebagai permulaan. Namun masih ada kesejajaran dengan teknologi. Sekitar 60 persen perusahaan mengatakan mereka berencana untuk menghabiskan setidaknya $ 1 juta untuk mematuhi GDPR, menurut survei terbaru oleh PricewaterhouseCoopers. Pada sekitar $ 400 miliar dalam kapitalisasi pasar, Facebook dapat tetap jauh lebih mudah daripada rata-rata startup.

Itu tidak berarti 2019 akan menyenangkan. Pertumbuhan Facebook di Amerika Utara adalah datar, dan anggota parlemen akan bersikeras memanggang Zuckerberg dan rekan-rekannya di depan umum – yang sangat sulit karena ia tidak memiliki kharisma Dimon. Bahkan jika Kongres yang terbagi tidak dapat melewati hukum substantif, Eropa mungkin. Tetapi jika hal itu menempatkan parit di sekitar perusahaan seperti Facebook, mereka bisa keluar lebih berat.

 

news edited by Equity World