Equity World Manado – Ekonomi zona euro terjebak pada laju pertumbuhan terendah dalam empat tahun dalam tiga bulan terakhir 2018, dengan tingkat ekspansi pada tahun ini secara keseluruhan juga yang paling lambat sejak 2014, data menunjukkan pada hari Kamis.

Produk domestik bruto (PDB) di 19 negara yang berbagi mata uang tunggal naik 0,2 persen di kuartal ini dan 1,2 persen tahun-ke-tahun, kata badan statistik Eropa Eurostat dalam estimasi pertamanya.

 

Equity World Manado : Ekonomi Zona Euro Terjebak Pada Laju Pertumbuhan Terendah

Kedua angka cocok dengan perkiraan rata-rata ekonom yang disurvei oleh Reuters.

Tingkat kuartal-ke-kuartal pada kuartal keempat cocok dengan kuartal ketiga, yang telah menjadi tingkat terendah sejak kuartal kedua 2014. Tingkat tahun-ke-tahun sebesar 1,2 persen adalah level terendah baru lima tahun.

Pada tahun 2018 secara keseluruhan, ekonomi zona euro tumbuh sebesar 1,8 persen, turun dari pertumbuhan dalam tiga tahun terakhir sebesar 2 persen atau lebih.

Data baru dapat mendorong Bank Sentral Eropa untuk memangkas proyeksi pertumbuhan 1,7 persen untuk 2019, mengingat bahwa kenaikan pada kuartal keempat hanya setengah dari yang diperkirakan pada Desember.

Data juga mengikuti serangkaian angka lemah, yang dikeluarkan sebelumnya pada hari Kamis, menunjukkan ekonomi global melambat karena hambatan mulai dari perang perdagangan Sino-AS dan ketidakpastian seputar keputusan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa.

Penjualan ritel Jerman turun pada tingkat tertajam sejak 2007 pada bulan Desember dan, di Inggris, produksi mobil tahun lalu mengalami penurunan terbesar sejak resesi 2008-9 dan harga rumah stagnan pada Januari.

Sektor manufaktur China yang luas menyusut untuk bulan kedua berturut-turut pada Januari dan produksi pabrik di Jepang juga turun untuk bulan kedua pada Desember, menggarisbawahi peringatan oleh bank sentral tentang meningkatnya risiko dari melambatnya pertumbuhan global dan perang dagang Sino-A.S.

Di Amerika Serikat, kepercayaan konsumen telah turun, harga grosir melemah, pasar keuangan goyah dan penjualan rumah turun dalam enam minggu sejak Federal Reserve AS menaikkan suku bunga sebagai respons terhadap ekonomi AS yang “kuat”.

Dalam data terpisah yang dirilis oleh Eurostat pada hari Kamis, pengangguran di zona euro, biasanya angka yang tertinggal dari siklus ekonomi, tetap di 7,9 persen. Ini menyamai tingkat terendah dalam lebih dari 10 tahun pada bulan Desember dan sesuai dengan perkiraan ekonom.

Tingkat pengangguran turun sedikit di Italia dan Spanyol, yang masih memiliki tingkat pengangguran tertinggi di zona euro setelah Yunani. Di seluruh zona euro, 75.000 lebih sedikit orang yang kehilangan pekerjaan daripada pada bulan November.

Di Uni Eropa 28 negara yang lebih luas, tingkat pengangguran 6,6 persen pada Desember, juga tidak berubah dari November.

 

news edited by Equity World Manado