yo program invest 12 MSatu lagi aplikasi pesan instan yang menghebohkan muncul di platform Android dan iOS. Tidak seperti pesan instan lainnya yang memungkinkan pengguna mengirim pesan berbasis teks, aplikasi bernama Yo ini hanya bisa mengirim pesan tunggal yang berbunyi “Yo.”

Ide pembuatan aplikasi Yo memang sangat sederhana. Sang pembuat, Or Arbel, menyusun kode pemrograman Yo hanya dalam waktu delapan jam.

“Orang-orang berpikir itu hanya aplikasi yang mengatakan ‘Yo’, Tapi bukan itu sebenarnya. Kami ingin menyebutnya pesan berbasis konteks, di mana Anda memahami konteks apa yang dikatakan,” ujar Arbel kepada The New York Times.

Arbel berpendapat arti kata “Yo” akan dimengerti oleh dua orang atau lebih yang membicarakan topik serupa. “Anda biasanya mengerti apa artinya ‘Yo’ berdasarkan kepada siapa Anda mengatakannya dan dari siapa Anda mendapatkannya. Cara itu mempengaruhi hidup Anda,” tambahnya.

Hingga kini, Arbel mengklaim, aplikasi Yo telah diunduh sebanyak 50 ribu kali dan lebih dari 4 juta pesan “Yo” telah dikirim.

Bagaimana aplikasi Yo bekerja? Aplikasi ini terintegrasi dengan daftar kontak pengguna. Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan username lain untuk diikuti (follow). Anda cukup memilih salah satu username di Yo dan mereka akan menerima notifikasi teks dan audio berupa “Yo.”

Ingin mengucapkan selamat pagi kepada pacar? Cukup katakan “Yo.”

Ingin mengatakan apakah kamu siap untuk berangkat? katakan “Yo.”

Saya sudah selesai rapat, segera kembali ke kantor, “Yo.”

Fungsinya memang sangat simpel. Bahkan, sebagian orang mungkin berpendapat aplikasi ini tidak merepresentasikan fungsi pesan instan karena mereka tidak bisa secara tegas menyampaikan pesan. Semuanya disampaikan dengan “Yo.”

Terlepas dari kontroversi itu, aplikasi Yo mendapatkan pendanaan dari para pemodal individu dan pemodal ventura yang dimpimpin oleh Moshe Hogeg, CEO perusahaan aplikasi berbagi gambar Mobli. Di tahap awal ini Yo berhasil meraih pendanaan 1 juta dollar AS atau sekitar Rp 12 miliar. Mereka percaya Yo bisa berkembang.

Di masa mendatang, Arbel berencana membuat fitur-fitur baru untuk Yo. Misalnya, tombol khusus untuk blogger yang berfungsi memberi notifikasi tentang tulisan atau konten baru kepada para follower.

Arbel juga mengungkap gagasan untuk bermitra dengan Starbucks. Barista akan mengirim pesan Yo kepada pelanggan jikalau kopi pesanannya selesai diracik.

Saat ini, pengguna dengan username “worldcup” merupakan akun dengan follower terbanyak. Karena, “worldcup” akan mengirim pesan Yo setiap kali tercipta gol dalam semua pertandingan Piala Dunia 2014 di Brasil.