Jakarta -PT Pertamina (Persero) menurunkan harga bensin produk terbarunya yakni Pertalite cepek alias Rp 100/liter. Penurunan harga tersebut efektif sejak 1 September.

“Iya benar turun Rp 100,” kata Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang kepada detikFinance, Rabu (2/9/2015).

“Efektif 1 September,” tambah Bambang.

Sebelumnya, harga Pertalite ditetapkan Rp 8.400/liter. Harga tersebut merupakan harga promo dari Pertamina. Saat ini Pertalite sudah tersebar di sekitar 400 SPBU di Jakarta, Surabaya, Jabodetabek, Solo, dan lainnya.

Pertalite sendiri merupakan bensin yang memiliki research octane number (RON) 90 dan di atas kualitas BBM jenis Premium. Pertalite masuk dalam kategori Pertamax Series, keberadaanya diklaim tidak akan menggantikan Premium.

Namun, saat ini penjualannya terus meningkat. Bahkan menurut Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, penjualan Pertalite hampir tembus 1.000 kilo liter (KL) per hari.

“Rata-rata penjualan dalam beberapa hari terakhir rata-rata mencapai sekitar 3,28 KL per SPBU per hari atau 938 KL per hari. Volume ini,” katanya.

Wianda menambahkan, selama uji pasar konsumsi Pertalite terus menunjukkan tren positif. Pada SPBU-SPBU yang telah dilakukan uji pasar, market share Pertalite secara meyakinkan dan konsisten meningkat hingga 13%, di sisi lain market share Premium turun menjadi sekitar 68% dari semula sekitar 79%.

 

Sumber: Detik.com