071122Indeks saham berjangka Eropa menguat, mengirim indeks ekuitas catat kenaikan mingguan ketiga, seiring para investor mengalihkan fokus mereka ke pertumbuhan ekonomi jelang laporan pekerjaan AS bulanan. Indeks berjangka AS menguat, sementara saham Asia sedikit berubah.

Kontrak pada Indeks Euro Stoxx 50 yang berakhir pada bulan Desember naik 0,5 % ke level 3.109 pukul 07:13 pagi waktu London. Indeks acuan Stoxx Europe 600 naik ke level 5 pekan tertingginya kemarin, memangkas penurunan mingguan, setelah Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengatakan para pembuat kebijakan sepakat pada peningkatan stimulus moneter jika diperlukan.

Kontrak pada Indeks FTSE 100 Inggris naik 0,3 % hari ini. Indeks Standard & Poor 500 berjangka menguat 0,2 %, sedangkan Indeks MSCI Asia Pacific tergelincir kurang dari 0,1 %.

Investor mencari lebih banyak bukti ekonomi terbesar dunia yang dapat mempertahankan pertumbuhan ekonomi setelah Federal Reserve mengakhiri pembelian obligasi bulan lalu. Data Departemen Tenaga Kerja pukul 8:30 pagi di Washington mungkin menunjukkan pengusaha menambahkan sebannyak 235.000 pekerjaan pada bulan Oktober, sementara tingkat pengangguran bertahan pada level 6 tahun terendahnya dari level 5,9 %, menurut data para ekonom yang disurvei Bloomberg News.

Di Eropa, laporan pendapatan dapat memberikan petunjuk lebih lanjut untuk pemulihan ekonomi, dengan 16 perusahaan dalam Indeks Stoxx 600 merilis hari ini. Laba untuk anggota mungkin akan naik 7,2 % tahun ini dan lebih dari 12 % pada tahun 2015, menurut perkiraan analis yang disurvei oleh Bloomberg. (knc)

Sumber : Bloomberg