21 jan web3Samsung baru saja merilis anggota terbaru dari keluarga produk Galaxy Note 4. Perangkat yang satu ini dinamakan Galaxy Note 4 S-LTE. Produk baru tersebut tidak memiliki banyak perbedaan dari Galaxy Note 4 versi original. Hanya saja, Galaxy Note 4 S-LTE telah mendukung kecepatan 4G LTE yang lebih kencang.

Perangkat ini, seperti KompasTekno kutip dari Phone Arena, Selasa (20/1/2015), akan mendukung 4G LTE kategori 9. Itu artinya, perangkat tersebut mampu mengunduh data dengan kecepatan super cepat, hingga 450 Mbps. Ia juga merupakan ponsel dengan dukungan 4G LTE kategori 9 pertama yang dirilis ke pasaran.

Galaxy Note 4 S-LTE ini, untuk saat ini, hanya bisa digunakan secara optimal di negara Korea Selatan. Musababnya, baru satu operator yang merilis layanan 4G LTE triband di dunia, yakni SK Telecom, operator seluler asal Negeri Ginseng tersebut. Perangkat ini sendiri mendukung agregasi tri-band 10 MHz + 10 MHz + 20 MHz, layanan yang baru saja dirilis oleh SK Telecom bulan lalu.

Untuk mendukung jaringan tersebut, Galaxy Note 4 S-LTE menggunakan prosesor buatan Samsung sendiri, Exynos 5433.  Seri prosesor yang digunakan ini berbeda dari yang dirumorkan sebelumnya. Kala itu, Samsung dikabarkan akan mempersenjatai Galaxy Note 4 S-LTE dengan prosesor Snapdragon 810 dari Qualcomm.

Saat ini, Galaxy Note 4 S-LTE baru akan dirilis di pasar Korea Selatan saja. Informasi perihal harga perangkat tersebut pun belum dibeberkan oleh Samsung. Selain Samsung, LG juga akan merilis perangkat yang dilengkapi dengan dukungan LTE kategori 9. Perangkat tersebut adalah LG G Flex 2. Produk ini dijadwalkan untuk dirilis pada 30 Januari 2015, lebih lama satu minggu ketimbang Galaxy Note 4 S-LTE.

Sumber: Phone Arena