ekonomi australia melambatPerusahaan terbesar di Australia menyerah pada pertumbuhan ekonomi.

Investasi oleh bisnis di indeks saham mungkin akan tergelincir di bawah meningkatnya pembayaran dividen dalam dua tahun terakhir, menurut data yang disurvei oleh Bloomberg. Saham Wesfarmers Ltd, perusahaan swasta terbesar di Australia dengan operasional yang mencakup ritel, pertambangan dan manufaktur, kembali level A sebesar $ 2.75 miliar ($ 2.58 miliar) kepada para pemegang saham tahun lalu.

Gubernur Reserve Bank of Australia, Glenn Stevens, memangkas biaya pinjaman ke level terendahnya, yang bergantung pada perusahaan-perusahaan guna menopang perekonomian dan mengambil risiko untuk meningkatkan kembali perekonomian Australia. Sementara perusahaan berusaha mengembalikan nilai mata uang yang dinilai terlalu tinggi dan biaya tinggi yang membuat mereka mampu bersaing di pasar ekspor yang memilih untuk bermain aman

Pola ini berulang kali di sektor industri, melambatnya pertumbuhan di ekonomi di mana tingkat pengangguran di Australia melebihi AS pada Juli untuk pertama kalinya sejak 2007 lalu, dan laba perusahaan merosot tajam  pada kuartal kedua dalam lima tahun terakhir. Australia, yang telah berkembang selama 23 tahun terakhir, kehilangan status sebagai negara maju akibat lonjakan investasi pertambangan yang memajukan ekonomi telah tergerus oleh krisisi keuangan global. (knc)

Sumber : Bloomberg