Jakarta -Gejolak buruh di Batam, Kepulauan Riau, sudah menjadi berita yang kerap menghiasi media beberapa tahun terakhir. Aksi demo buruh secara langsung telah membuat beberapa investor asing hengkang.

Pengusaha senior yang juga Mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia MS Hidayat mengatakan persoalan buruh di Batam merupakan cerita lama yang kini kembali diungkap ke publik.

“Batam itu didominasi investasi luar terutama Singapura. Masalah krusial di Batam sejak dulu adalah masalah perburuhan. Buruh agresif sekali, setiap ada dispute, mereka langsung lakukan kekerasan dan pemogokan,” kata Hidayat yang juga mantan menteri perindustrian ini.

Sebagai orang yang pernah masuk dalam pemerintahan, Hidayat tahu betul peta kondisi dan suasana hati para investor. Batam kini sudah membuat investor khawatir untuk menjalankan usaha.

“Investor-investor punya pembanding Singapura yang tinggal selangkah aja. Investor lebih suka sedikit lebih mahal tapi ada kepastian. Yang jadi masalah di Batam itu pemogokan tinggi buruh agresif sehingga seringkali mengkhawatirkan bagi investor,” katanya.

Seperti diketahui aksi demo pekerja terhadap perusahaan asing telah membuat investor diam-diam hengkang dari Batam.

sumber : Detik.com