Equityworld Futures – Militer Israel mengonfirmasi bahwa pihaknya telah melancarkan serangan “berskala luas” terhadap pasukan Iran dan target militer Suriah di wilayah Suriah. Sedikitnya 11 orang tewas dalam serangan Israel di Damaskus, ibu kota Suriah pada Rabu (20/11) dini hari waktu setempat tersebut.

Militer Israel menyatakan telah melancarkan puluhan serangan terhadap pasukan elite Iran, Pasukan Quds dan militer Suriah, sebagai respons atas empat roket yang ditembakkan ke Israel pada Selasa (19/11) waktu setempat.

Menurut kelompok pemantau HAM Suriah, Syrian Observatory for Human Rights seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (20/11/2019), setidaknya 11 petempur tewas dalam serangan-serangan Israel di Suriah tersebut. Kepala Observatory, Rami Abdel Rahman mengatakan bahwa tujuh korban tewas di antaranya merupakan warga asing, namun dia menyatakan tak bisa memastikan apakah mereka semua warga Iran. Disebutkannya, empat warga sipil juga terluka akibat serangan Israel tersebut.

Diketahui bahwa Iran telah bertempur untuk mendukung pasukan rezim Suriah di negeri yang dilanda perang saudara tersebut. Hal ini meningkatkan kekhawatiran Israel akan keberadaan musuhnya itu di sepanjang perbatasannya.

“Siapa pun yang menyakiti kami, kami akan melukainya,” kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan.