Equity World Futures – Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti diminta segera menarik pulang empat anggotanya dari medan tugas di Poso untuk menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Keempat anggota Polri ini akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaansuap penanganan perkara di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat (Jakpus).

Mereka adalah Brigadir Ari Kuswanto, Brigadir Dwianto Budiawan, Brigadir Fauzi Hadi Nugroho, dan Ipda Andi Yulianto. Mereka merupakan ajudan Sekretris Mahkamah Agung (MA), Nurhad.

“Kapolri perlu memberikan respons terhadap panggilan KPK dengan berjanJi segera menarik keempat anggotanya dari medan tugas untuk kemudian menjalani pemeriksan di KPK,” ujar Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane saat dikonfirmasi, Selasa (14/6/2016).

Menurutnya, penarikan empat anggotanya dari medan tugas merupakan langkah strategis yang bisa dilakukan Kapolri dalam mendukung proses hukum di KPK. Sebaliknya, KPK diharapkan bersikap tegas jika keempat anggota Polri itu tidak segera ditarik dari penugasan.

“Jika tak ada respons KPK harus melakukan panggilan paksa ataupun penjemputan paksa kepada keempatnya,” tegasnya. (Baca: 4 Anggota Polri Terancam Dijemput Paksa)

KPK sudah beberapa kali memanggil empat anggota Polri tersebut untuk menjalani pemeriksaan. Namun, tidak ada satupun yang memenuhi panggilan KPK.

Sumber : sindonews.com