Tokyo – Mengambil jatah cuti sejatinya jadi hak semua orang. Tapi langkah itu baru-baru ini dilakukan seorang politisi Jepang. Pertama kalinya dalam sejarah!

Adalah Shinjiro Koizumi (38), Menteri Lingkungan Jepang sekaligus anak dari ex Perdana Menteri Jepang Junichiro Koizumi yang melakukan hal tersebut. Seperti diberitakan media BBC, Jumat (17/1/2020), Koizumi diketahui mengambil cuti ayah (paternity leave) selama dua minggu setelah istrinya melahirkan.

“Saya berencana untuk mengambil total cuti ayah selama dua minggu dalam tiga bulan ke depan setelah anak saya lahir, itu adalah momen di mana seorang ibu mengalami titik terberat, syarat saya memprioritaskan tugas resmi dan melakukan manajemen krisis yang menyeluruh, seperti yang telah saya lakukan,” ujar Koizumi kepada wartawan pada Rabu (15/01).

Dijelaskan oleh Koizumi, bahwa ia akan lebih sering menggunakan email dan video call untuk keperluan konferensi. Ia pun akan meminta tolong deputinya untuk merepresentasikannya saat urusan meeting.