Equityworld Futures – Di luar negeri,

praktik joki makalah atau skripsi dikemas lebih modern oleh sebuah startup yang menamakan dirinya EduBirdie.

Nah, agar praktiknya lebih laris lagi, perusahaan berbasis Ukraina ini sampai rela menyewa ratusan channel YouTube.

EduBirdie sendiri merupakan startup yang menyediakan jasa ketik untuk esai. Praktik ini di Indonesia sendiri bukan hal baru. Tapi, di Ukraina praktik ini dibuat lebih keren dengan adanya situs dan konsumen bisa memilih penulis mana yang disukai.

EduBirdie akan menyuguhkan sederet penulis andalannya. Masing-masing penulis ini punya keunggulan di bidang yang berbeda-beda. Misal penulis dengan nama Serah punya keunggulan di bidang pelajaran bahasa Inggris, Psikologi, Sosiologi, Ilmu Politik, dan Sejarah.

Nah, agar bisnisnya lebih terkenal lagi, dengan tujuan untuk mendapat lebih banyak konsumen tentunya, EduBirdie merekrut YouTuber. Cara ini mendapat pertentangan oleh sejumlah pihak, salah satunya Sam Gyimah, Universities Minister for England.

Menurut pendapat Gyimah, YouTube harus bertanggung jawab terhadap tindakan tersebut. “Ini jelas salah karena itu memungkinkan dan normalisasi kecurangan yang berpotensi pada skala industri,” ujarnya seperti dikutip detikINET dari BBC, Rabu (2/5/2018).

Dari hasil investigasi BBC, ditemukan lebih dari 1.400 video dengan total lebih dari 700 juta pasang mata yang menonton mengandung iklan EduBirdie. Iklan ini menyasar mahasiswa dan pelajar.

Karenanya, EduBirdie kemudian menyewa YouTuber untuk memasarkan iklannya. Di beberapa video YouTuber ini mengatakan bahwa jika Anda tak ingin terganggu dengan esai, EduBirdie punya nerd super pintar yang akan membantu

Iklan yang tampil lewat video di channel YouTube ini mencakup berbagai subjek, termasuk prank (lelucon), kencan, gaming, musik, dan fesyen. YouTuber-nya pun tak tanggung-tanggung, adapula bintang seperti Adam Saleh dan JMX yang sudah punya jutaan subscriber.

Basis perusahaan EduBirdie memang di Ukraina, namun layanannya menyasar pelajar di seluruh dunia. Untuk bisa mendapatkan makalah di EduBirdie tentu para pelajar ini harus merogoh kocek. Harganya disebut dalam situs mulai dari USD 18 (Rp 251 ribu) per halaman.