saKOMPAS.com – Tampilan aplikasi “Calendar” yang ada di layar utama Oppo ternyata berbeda dari tampilan Android pada umumnya. Aplikasi tersebut memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dari “Calendar” yang ada di iOS. Seperti apa?

Ternyata, aplikasi “Calendar” di Oppo akan menampilkan tanggal dan hari sesuai tanggal yang kita Setting atau atur.Sebagai gambaran, apabila hari ini tercatat sebagai hari Senin tanggal 30 Maret 2015, maka aplikasi tersebut akan menampilkan kata Mon, sebagai pertanda hari Senin atau Monday, dan angka 30, yang memperlihatkan tanggal 30.

Tampilan tersebut dinilai cukup membantu, mengingat tampilan aplikasi “Calendar” di perangkat lain tidak menampilkan tanggal dan hari sesuai dengan yang kita atur.

Fitur semacam ini hanya bisa ditemukan di sistem operasi mobile milik Apple, iOS.

Namun, ada kalanya fitur seperti ini tidak bekerja di perangkat Oppo. Menurut pihak Oppo sendiri, permasalahan ini bakal terjadi, jika perangkat menggunakan launcher dan theme bukan bawaaan dari Oppo. Pada saat mengganti theme atau launcher, tampilan kalender tidak akan berubah.

Oleh karena itu, jika tampilannya dapat mengikuti tanggal dan hari yang sudah diatur sebelumnya, pengguna dapat mengubahnya menjadi tampilan standar Color OS.