Equityworld futures-Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Vientiane, Laos bersama dengan sejumlah perwakilan universitas di Indonesia serta Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menggelar pameran edukasi di Vientiane, Laos. Mereka berbagi informasi dengan pelajar serta akademisi dari Laos.

Perwakilan universitas dari Indonesia yaitu international office seperti UGM, IPB, UNS, Undip, Unpad, dan beberapa lainnya. Pameran edukasi itu digelar di Vientiane Center, Kamis (26/5/2016). Pihak Kementerian Pendidikan dan Olah Raga Laos yaitu Director of Planning and Investment Division, Department of Planning, Ministry of Education and Sports, Sithong Sikhao, turut hadir dalam pameran pendidikan tersebut.

Salah satu warga Laos yang pernah berkuliah di Indonesia pun turut hadir. Salah satunya yaitu Phoutsavad Vpngphachan yang pernah menimba ilmu di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Pameran edukasi di Laos

“Jadi waktu itu ada informasi scholarship di sana dan saya mengambil jurusan di bidang pendidikan,” kata Phoutsavad saat ditemui di lokasi.

Dia berkuliah di Yogyakarta dari tahun 2010 hingga 2013 untuk mengambil strata S-2. Namun dia terlebih dulu belajar Bahasa Indonesia selama 1 tahun.

“Jadi 1 tahun belajar Bahasa Indonesia, lalu baru berkuliah. Saya lulus bulan Mei 2013,” kata Phoutsavad dengan Bahasa Indonesia yang agak terbata-bata.

Menurut Phoutsavad, Indonesia sangat terkenal di Laos. Hal itu yang membuatnya memutuskan untuk akhirnya berkuliah di Indonesia, selain memang jurusan yang dia inginkan ada di Indonesia.

Selain itu, acara tersebut dibanjiri puluhan pelajar SMA di Laos yang ingin tahu tentang informasi scholarship di Indonesia. Mereka tampak antusias dan setelah acara langsung bertanya kepada beberapa perwakilan dari universitas.

 

Sumber: Detik.com