gejala anemia

Pasti Anda semua sudah mengenal istilah 5 L yakni Lelah, Letih, Lemah, Lesu dan Lunglai yang sebelumnya populer lewat iklan. Waspadailah bila badan terasa lemas, lesu, wajah pucat (kulit, bibir, lidah, kuku dan kelopak dalam mata), sering mengantuk pada siang hari, mudah letih, pusing, sulit berkonsentrasi, sesak nafas (terutama setelah melakukan kegiatan fisik berlebihan), dan denyut jantung cepat.

Itu merupakah gejala- gejala dari gangguan kurang darah atau biasa dikenal dengan anemia, yang seringkali kita anggap sebagai gangguan biasa akibat kelelahan bekerja.

Anemia adalah suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan fisiologis tubuh dan yang patut disayangkan, anemia ini akrab dengan wanita dan anak – anak.

Penyebabnya beraneka ragam mulai dari malnutrisi, kurang zat besi dalam diet, malabsorbsi, kehilangan darah yang banyak akibat kecelakaan maupun persalinan, dan akibat penyakit kronik tertentu (TBC, paru – paru, cacing, usus, malaria). Bisa juga dikarenakan penyakit misalnya sering mimisan, pendarahan tukak lambung, menstruasi berat, wasir berdarah, dan gangguan produksi Hb karena faktor keturunan.

Untuk memastikan kasus dan mencari penyebabnya, konsultasikan dengan dokter dan lakukan pemeriksaan laboratorium. Laboratorium Klinik Prodia telah membuat berbagai Panel Pemeriksaan Laboratorium sebagai panduan untuk mempermudah anda dalam menentukan jenis pemeriksaan yang sesuai.

Panel yang sesuai untuk mengetahui status anemia Anda yaitu (1) Panel Uji Saring Anemia meliputi Hematologi rutin, Gambaran darah tepi, Retikulosit (2) Panel Analisis Hb meliputi Hematologi rutin, Gambaran darah tepi, Badan inklusi HbH, Analisis Hb HPLC serta pemeriksaan Ferritin.

Bagaimana jika Anda sudah positif mengalami anemia? Berikut ini adalah langkah – langkah untuk mengatasi anemia:

(1) Menyempatkan diri untuk makan pagi dengan menu seimbang

(2) Mengonsumsi makanan yang lebih bervariasi seperti nasi, lauk, sayur, buah

(3) Menghindari teh, kopi, dan susu setelah makan karena mengganggu absorbsi zat besi

(4) Makan buah atau vitamin C setelah makan, karena vitamin ini membantu penyerapan zat besi dalam tubuh

(5) Olahraga teratur

 

Sumber : kompas.com