kisah sukses pembuat the witcher 2Ketika Barack Obama mengunjungi Polandia di tahun 2011, perdana menteri negara itu Donald Tusk memilih untuk memberikan Presiden Amerika Serikat itu sebuah kopi game komputer The Witcher 2 sebagai hadiah.

Hadiah perdana menteri Polandia itu jelas mewakili Polandia modern.

Ketika Presiden Obama kembali lagi ke Polandia bulan lalu, dia masih memuji-muji game itu.

Duduk di kantor kacanya yang modern di Warsawa, Marcin Iwinski, salah satu pendiri dan ketua eksekutif perusahaan, CD Projekt, mengatakan dia tidak bisa mempercayai keberuntungannya. Bisnisnya telah menjual tujuh juta kopi dari seri game yang laku di pasar, seperti dilaporkan wartawan BBC Adam Easton.

Masa muda

Pada saat berada di sekolah menengah atas, Marcin Iwinski dan temannya Michal Kicinski sangat bersemangat memainkan game komputer.

Pada tahun 1980-an, Polandia masih merupakan negara Tirai Besi dan kebanyakan toko bahkan tidak memiliki pasokan bahan makanan mendasar, apalagi komputer pribadi.

Sebagai hadiah Natal, ayah Iwinski membelikannya komputer komplet dengan game seperti Atic Atac dan Pssst. Marcin muda langsung terpesona dan ketagihan.

Setelah lulus dari sekolah menengah atas, Marcin dan Kicinski mulai menjual game yang mereka impor dari AS di pasar komputer di Warsawa. Tahun 1994, kedua teman ini pindah ke sebuah kantor kecil dan perusahaan mereka mulai berkembang.

“Ada banyak hal yang terjadi negara ini membuka dirinya kepada Uni Eropa dan lebih banyak lagi orang yang makin percaya akan diri mereka sendiri,” kata Iwinski.

“Sekarang ini waktunya bagi orang Polandia yang memiliki jiwa kewiraswastaan untuk unjuk gigi. Tentunya juga sangat membantu bahwa di sini ada universitas yang bagus dan para pembuat program yang masuk dalam jajaran pembuat program terbagus di dunia.”

Perusahaan seperti CD Projekt dan saingannya sebuah perusahaan video game Techland termasuk yang paling sukses di dunia.

Mengalahkan pembajak

Dari awal dimulainya bisnis mereka, masalah terbesar untuk CD Projekt adalah bagaimana meyakinkan para pemain game Polandia untuk membeli game yang asli, alih-alih membeli versi bajakan yang lebih murah dan banyak tersedia.

Untuk membedakan diri mereka sendiri dari yang lainnya, mereka mulai menerjemahkan setiap game yang mereka jual di Polandia. Mereka juga mempekerjakan aktor Polandia terkenal untuk menyuarakannya dan memasang segel kualitas di kotaknya.

Para desainer CD Projeckt kini tengah mengerjakan sebuah game yang mereka harapkan akan menjadi produk yang laku keras

Sumber : Kompas.com