penangguran as naik dari pekan laluOrang Amerika yang mengajukan aplikasi untuk tunjangan pengangguran di AS naik lebih dari perkiraan pada pekan lalu, mengganggu penurunan stabil ke posisi terendahnya pada pra-resesi perdagangan.

Klaim pengangguran naik sebesar 21.000 menjadi 311.000 pada periode yang berakhir 9 Agustus lalu, tertinggi dalam enam pekan terakhir, rilis laporan dari Departemen Tenaga Kerja menunjukkan hari ini di Washington. Perkiraan rata-rata dari 48 ekonom yang disurvei Bloomberg menyerukan kenaikan menjadi 295.000. Tidak ada yang tidak biasa di data dan tidak ada negara dapat memperkirakan, seorang juru bicara mengatakan pasca rilis angka.

Melonjaknya angka klaim berangkat dari angka terendahnya yang menunjukkan pengusaha tetap mempertahankan para staff untuk memenuhi permintaan. Ketua Federal Reserve Janet Yellen adalah di antara para pembuat kebijakan yang tetap khawatir mengendurnya pasar kerja, termasuk stagnan pengupahan dan tingginya angka pengangguran jangka panjang, terus menahan pertumbuhan perekonomian terbesar di dunia tersebut.

Indeks saham berjangka AS bergerak mendatar pasca laporan karena para investor menimbang laporan pendapatan dari perusahaan-perusahaan termasuk Cisco Systems Inc dan Kohl Corp Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 yang berakhir pada bulan September naik sebesar 0,1 persen ke level 1,945.9 pukul 08:31 pagi di New York.

Perkiraan dalam survei Bloomberg kenaikan berkisar antara 286.000 sampai 315.000. Departemen Tenaga Kerja merevisi angka pembacaan pada pekan sebelumnya menjadi 290.000 dari angka 289.000 yang dilaporkan. (izr)

Sumber: Bloomberg