penangguran as turunWarga Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran lebih sedikit dari perkiraan pekan lalu, menandakan pasar kerja AS membuat kemajuan seiring tumbuhnya ekonomi terbesar dunia tersebut.

Klaim pengangguran turun 14.000 menjadi 298.000 dalam pekan yang berakhir 16 Agustus lalu, sebuah laporan dari Departemen Tenaga Kerja menunjukkan hari ini di Washington. Perkiraan rata-rata dari 46 ekonom yang disurvei Bloomberg menyerukan penurunan menjadi 303.000. Klaim lanjutan jatuh ke level terendahnya dalam lebih dari tujuh tahun terakhir.

Pengusaha menahan laju pemecatan seiring pertumbuhan ekonomi semester kedua diproyeksikan untuk meningkat, mempersiapkan lapangan kerja untuk lebih banyak mempekerjakan pegawai untuk memenuhi permintaan. Turunnya klaim juga memperkuat pandangan para pembuat kebijakan Federal Reserve yang melihat menguatnya pasar tenaga kerja, menjadi salah satu alasan mereka untuk memangkas pembelian aset bulanan.

Tidak ada negara diperkirakan dan tidak ada faktor-faktor khusus, laporan Departemen Tenaga Kerja menunjukkan.

Perkiraan ekonom dalam survei Bloomberg penurunan berkisar antara klaim dari 285.000 menjadi 315.000. Departemen Tenaga Kerja merevisi angka pekan sebelumnya menjadi 312.000 dari 311.000 awalnya dilaporkan. (izr)

Sumber: Bloomberg