kurangi duduk cara iniHampir semua orang tahu bahaya terlalu banyak duduk bagi kesehatan. Tidak hanya membuat gemuk, penelitian juga telah membuktikan, terlalu banyak duduk lebih dari 11 jam sehari dapat meningkatkan 40 persen risiko kematian karena penyakit apapun.

Belum lama ini, sebuah studi dalam Journal of the National Cancer Institute menemukan, orang yang menghabiskan paling banyak waktu duduk memiliki risiko kanker usus 24 persen lebih besar. Risiko tersebut meningkat menjadi 54 persen pada orang yang menghabiskan waktunya paling banyak di depan televisi.

Bahkan meski seseorang berolahraga, namun ketika banyak menghabiskan waktunya sehari-hari untuk duduk, ia tetap memiliki risiko mengalami penyakit-penyakit degeneratif. Peneliti menyebutnya, penyakit terlalu banyak duduk.

Nah, berikut ini merupakan beberapa cara yang mungkin akan membantu untuk mengurangi waktu duduk Anda sehari-hari.

1. Menyetel alarm
Terdengar aneh, namun alarm bisa membantu mengingatkan Anda bila sudah terlalu lama duduk. Para ahli merekomendasikan untuk selalu berdiri 10 menit setiap satu jam duduk.

2. Mulailah bergerak
Ada beberapa kegiatan yang mampu dilakukan sambil berdiri, misalnya mengangkat telepon atau mengobrol. Coba mulai sekarang untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan tersebut dengan duduk, tetapi berdiri.

3. Berjalanlah kapanpun bisa
Anda akan terkejut mengetahui berapa banyak waktu yang bisa dimanfaatkan untuk berjalan, namun selama ini Anda lupakan, ,misalnya waktu setelah makan siang. Bahkan berjalan setelah makan akan membantu Anda untuk membakar lemak lebih banyak. Selain itu, Anda juga bisa memarkir kendaraan lebih jauh daripada biasanya untuk memberikan kesempatan kaki Anda bergerak lebih banyak.

4. Pilih tempat duduk yang tepat
Daripada duduk di depan meja makan, cobalah untuk duduk di kursi bar. Bentuk kursi tersebut akan membantu Anda menjaga tulang punggung tetap lurus sehingga distribusi berat badan pun lebih merata.

5. Beranjaklah untuk menemui orang
Dengan akses teknologi yang lebih mudah, orang menjadi cenderung lebih malas untuk bergerak. Keperluan dengan orang lain pun bisa diselesaikan dengan mengirim email, telepon atau pesan, bahkan orang yang berada tidak jauh dari Anda. Nah, kini mulailah untuk berjalan menemui orang tersebut selama masih mampu dijangkau. Siapa tahu dengan niat bertemu itu, kita juga malah kedapatan rejeki – rejeki yang tidak terduga :)

Sumber : Kompas.com