Equity World Futures -Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Lulu Hypermarket and Departement Store di kawasan Cakung, Jakarta Timur. Lewat raksasa ritel Timur Tengah tersebut, Jokowi ingin buah-buahan dari Indonesia mendunia.

Lulu sudah mengoperasikan 125 toko di Jazirah Arab, Mesir, dan India dengan mempekerjakan lebih dari 38.000 karyawan dari berbagai kewarganegaraan.

“Produk seperti sirsak durian buah naga, pisang, ini bisa keluar mauk ke negara lain lewat apa? Lewat jaringan Lulu hypermarket yang memang sudah mengambil barang dari sini sejak lama,” ungkap Jokowi usai peresmian di Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Dalam prosesnya, Lulu mengumpulkan barang dari produsen. Sebagian produk akan diekspor dan sisanya dijual pada ritel yang ada di dalam negeri.

“Justru ritel menjual barang-barang Indonesia dan yang diekspor ke seluruh negara Asia dan Timur Tengah. Karena 125 outlet. Saya sudah melihat langsung Abu Dhabi, Qatar, Bahrain, Kuwait, semuanya ada di situ. Hanya akan lebh baik kalau variasi produk diperbanyak,” terangnya.

Sejauh ini produk yang dijual ritel tersebut kecenderungan berasal dari pabrik. Sementara untuk buah-buahan dan sayuran masih rendah. Sehingga ini perlu ada peningkatan ke depannya.

“Saya tadi pesan, produk yang ada agar tidak hanya dari pabrik tapi dari kampung atau desa, seperti yang saya sampaikan. Sirsak, durian, belimbing, alpukat, manggis, jambu,” paparnya.

sumber : detik.com