draghi euro    Presiden Bank Sentral Eropa, Mario Draghi, memberikan indikasi yang jelas pekan lalu tentang pelonggaran moneter akan tiba pada Juni mendatang. Dengan mandat bahwa ECB siap untuk melakukan apapun dalam mempertahankan euro “dan, percayalah itu akan cukup” tambahnya. Dia akan melakukan apapun untuk menghilangkan kelebihan kapasitas dan meningkatkan inflasi sampai 2 persen.
Dengan mengenyampingkan keraguan akan kinerja dari program ECB  untuk transaksi moneter outright. Bank sentral akhirnya membuat janji bersyarat untuk membeli obligasi pemerintah di pasar sekunder, dan terbukti sangat efektif untuk menghentikan kepanikan yang terjadi.
Salah satu indikasi adalah terjadinya penurunan imbal hasil obligasi 10 tahun, pada tanggal 8 Mei obligasi Irlandia yang menghasilkan 2.7 persen, Spanyol 2.9 persen, Italia 3.0 persen, dan Portugis 3.5 persen. Bahkan obligasi Yunani hanya menghasilkan 6.2 persen. Dikombinasikan dengan pembaharuan kepercayaan pasar yang membuat terjadinya ketidakseimbangan pembiayaan ke beberapa bank nasional sentral zona euro.

Sumber : CNBC