0,2Bursa Saham Asia ditutup menguat setelah ekuitas China memperpanjang reli, data ekspor yang naik melampaui dari perkiraan sebelumnya and turunnya yen mendorong Bursa Saham Jepang.

Indeks CSI 300 China reli diatas level 5,000 untuk pertama kalinya dalam kurun waktu 7 tahun terakhir ditengah spekulasi bahwa pemerintah yang akan meningkatkan upaya untuk mendorong perekonomian dan penjualan reksa dana lintas batas yang akan memicu inflow ke ekuitas. Toyota Motor Corp. merupakan saham terbesar pada Indeks Topix Jepang menyusul rilis data pemerintah menunjukkan kendaraan merupakan contributor tertinggi kepada gain ekspor bulan April.

Indeks MSCI Asia Pacific mendulang gain sebesar 0.2% ke level 153.70 pukul 4:39 sore ini waktu Tokyo. Sementara Indeks Shanghai Composite melonjak 3.4%. Indeks Topix menguat setelah nilai saham-saham perusahaan ekspor naik 8% dari awal tahun ini, dibandingkan dengan perkiraan rata-rata yang menyatakan naik sebesar 6%. Sedangkan yen pada Jumat kemarin tergelincir terkait data inflasi AS yang naik dan adanya komentar dari Ketua Federal Reserve Janet Yellen yang menyatakan bahwa kenaikan suku bunga di tahun ini akan tepat.

Sumber : Bloomberg