Equity World Futures -Kasus penyerangan Terminal BBM (TBBM) Teluk Kabung di Padang, Sumatera Barat, pada Selasa (7/6/2016) lalu hanya puncak gunung es dari banyaknya aksi premanisme yang mengganggu keamanan TBBM Pertamina di berbagai daerah.

Preman-preman ini tak segan-segan menganiaya para pekerja Pertamina untuk mendapatkan ‘jatah’. Mereka bisa leluasa keluar masuk TBBM. Ini membuktikan bahwa TBBM yang termasuk objek vital nasional (obvitnas) ternyata belum aman.

Menteri ESDM, Sudirman Said, menyatakan TBBM adalah obvitnas yang harus diamankan. Sebab, pasokan BBM bisa terhambat kalau TBBM diganggu.

Dirinya berterima kasih karena aparat keamanan bertindak cepat dalam kasus penyerangan TBBM di Padang pekan lalu.

“Yang penting Pertamina dan aparat keamanan bertindak cepat. Saya berterima kasih pada Kepolisian, objek vital nasional itu harus diamankan oleh Kepolisian,” kata Sudirman, saat ditemui detikFinance di Jakarta, Senin (13/6/2016).

Dia berharap kejadian di Padang menjadi pelajaran bagi semua pihak untuk benar-benar menjamin keamanan TBBM, jangan sampai peristiwa serupa terjadi lagi. “Saya bersyukur TBBM Sumbar pulih dengan cepat. Saya kira itu akan memicu koordinasi yang lebih kuat dengan aparat keamanan,” tutupnya.

Sebagai informasi, Pertamina mengungkapkan teror terhadap TBBM tidak hanya terjadi Padang, tapi juga terjadi di berbagai tempat lain.

VP Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, menyebutkan ada pekerja TBBM Pertamina di Bali yang dipukuli preman karena menangkap basah truk pengangkut BBM ‘kencing sembarangan’ alias menyelundupkan BBM ke pihak lain.

Preman-preman juga leluasa keluar masuk di TBBM Bitung, Manado. Di Medan, pipa BBM Pertamina di-tapping alias disambung secara ilegal, BBM dari pipa tersebut dicuri lewat sambungan ilegal. Para pekerja Pertamina sulit menertibkannya karena preman-preman ini melakukan teror.

Pihaknya meminta aparat penegak hukum memberikan jaminan keamanan terhadap fasilitas-fasilitas maupun pekerja Pertamina. Kalau negara tak bisa menjamin keamanan, pasokan BBM bisa terhambat.

Sumber : detik.com