Menteri ESDM Yakin PLTU Terbesar di ASEAN Rampung 3 Tahun
Jakarta -Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Sudirman Said meyakini, proyek pembangkit listrik Batang, Jawa Tengah berkapasitas 2 x 1.000 MW bisa selesai dalam 3 tahun. PLTU Batang digadang-gadang bakal menjadi yang terbesar di ASEAN.“Kemarin dijelaskan Pak Presiden 3-4 tahun konstruksi, Presiden mengatakan bisa nggak 3 tahun? Tentu mereka (investor) akan bekerja keras,” ujar Sudirman saat ditemui dalam diskusi di Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta, Minggu (30/8/2015).

Ia menjelaskan, saat ini pembangkit listrik Batang, Jawa Tengah sudah memasuki tahap groundbreaking, selanjutnya akan dilakukan pembangunan secara bertahap. Normalnya, kata Sudirman, proyek pembangkit listrik bisa selesai dalam 3-4 tahun.

“Saya kira wajarnya 3-4 tahun,” sebut dia.

Sudirman mengatakan, pembangkit listrik Batang ini salah satu bagian dari target pemerintah untuk bisa menyelesaikan pembangkit listrik sebesar 35.000 MW yang diperkirakan bisa diselesaikan dalam waktu 5 tahun mendatang. PLTU ini harus tuntas 2018, pada tahun itu Jawa-Bali terancam krisis listrik.

Menurutnya, target 35.000 MW merupakan target yang realistis namun harus dilakukan bersama-sama dengan pihak-pihak terkait.

“Presiden sudah mengatakan, target tidak akan diturunkan tapi tugas para menteri semuanya mencari solusi supaya target itu tercapai,” tandasnya.

Sumber: Detik.com