1234Minyak turun karena Arab Saudi memangkas biaya minyak mentah ke AS, sehingga memperdalam aksi jual yang membuat harga ke level terendah dalam tiga tahun terakhir. Sementara obligasi menguat, sedangkan indeks ekuitas AS berjangka mengalami penurunan.

Minyak mentah West Texas Intermediate turun 2,6 persen ke level $ 76,76 per barel pukul 08:25 pagi di New York, pasca mencapai level $ 75,84. Hasil pada obligasi dengan 10-tahun Jerman turun empat basis poin menjadi 0,81 persen dan tingkat pada obligasi turun dua basis poin menjadi 2,32 persen. Sementara Indeks Standard & Poor 500 berjangka turun 0,3 persen dan Indeks Stoxx Europe 600 melemah 0,2 persen. Sedangkan Indeks Topix Jepang naik 2,6 persen ke level tertinggi dalam enam tahun terakhir.

Harga minyak turun ke pasar bearish bulan lalu karena pertumbuhan permintaan global melambat dan persediaan minyak membengkak dari produsen di luar OPEC, sehingga AS memompa di laju tercepat dalam lebih dari tiga dekade terakhir. Penurunan harga komoditas memberikan sumbangan inflasi lebih lambat di seluruh dunia, membantu melestarikan nilai pembayaran tetap pada obligasi.

WTI turun sebesar 3,7 persen yang merupakan level terendah sejak Oktober 2011 lalu. Sementara brent untuk Desember turun sebesar 3,2 persen ke level $ 82,08 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London. (vck)

Sumber: Bloomberg